Selamat Datang di Website Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh

Transmigrasi Masa Doeloe Kini dan Harapan Kedepan

Kategori : Sejarah Kamis, 07 Februari 2019 - Oleh admin

 

KATA PENGANTAR
Penyelenggaraan Transmigrasi di Indonesia berawal dari jaman kolonisasi yaitu pada tahun 1905 ditandai dengan penempatan pertama sebanyak 155 Kepala Keluarga (KK) dari Kedu Jawa Tengah ke Gedong Tataan Provinsi Lampung.

Istilah transmigrasi sendiri pertama kali dikemukakan oleh Bung Karno pada tahun 1927 dalam harian Soeloeh Indonesia. Selanjutnya dalam Konferensi Ekonomi di Kaliurang Yogyakarta, bersamaan dengan Rapat Panitia Siasat Ekonomi tangal 03 Februari 1946 Wakil Presiden Bung Hatta menyebutkan pentingnya transmigrasi untuk mendukung pembangunan industrialisasi di luar Jawa.

Buku ini menjelaskan tentang penyelenggaraan transmigrasi sejak masa kolonisasi sampai pada masa reformasi sekarang ini yang mengalami perubahan makna dari satu masa ke masa berikutnya berdasarkan situasi dan kondisi jaman, keadaan sosial politik yang berkembang serta kebutuhan akan perlunya program transmigrasi pada masa bersangkutan.

Tanpa mengabaikan segala permasalahan yang ada, penyelenggaraan transmigrasi selama ini telah memberikan kontribusi yang cukup berarti dalam pembangunan nasional antara lain dari 104 Permukiman Transmigrasi (Kimtrans) telah berkembang menjadi ibukota Kabupaten/Kota, 383 Transmigrasi menjadi ibukota Kecamatan dan dari sejumlah 3.055 desa yang dibangun sejumlah 1.183 permukiman transmigrasi menjadi desa definitif, dan sisanya menjadi bagian dari desa-desa setempat.

Semoga buku ini dapat melengkapi buku-buku yang sudah ada tentang ketransmigrasian dan menambah wawasan tentang transmigrasi masa dulu, kini dan harapan kedepan. Akhirnya diucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyediaan data dan informasi maupun dalam proses penulisan buku ini. Tanggapan, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan guna penyempurnaan penulisan di masa yang akan datang.

Direktur Jenderal
Penyiapan Kawasan Dan Pembangunan
Permukiman Transmigrasi
Ir. Rr. Ratna Dewi Andria

 

Bersambung....

BAB I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

1.2. Landasan Hukum

BAB II. PENYELENGGARAAN TRANSMIGRASI DARI MASA KE MASA / SEJAK MASA KOLONISASI BELANDA SAMPAI DENGAN SEKARANG

1.1. Periode Kolonisasi

1.2. Periode Pelita (1969 - 1999)+

1.3. Periode Reformasi (tahun 2000 - sekarang)

BAB III. PENYIAPAN TRANSMIGRAN BERKUALITAS

3.1. Syarat dan Kriteria Transmigran Berkualitas

BAB IV. KEBERHASILAN DAN SUMBANGSIH TRANSMIGRASI

1.1. Macam-macam Aspek

1.2. Kota Terpadu Mandiri (KTM)

4.3. Transmigran Teladan (tahun 2011 - 2013)

4.4. Penerima Transmigrasi Award (tahun 2012 - 2013)

Selengkapnya DOWNLOAD PDF