Selamat Datang di Website Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh

APEL PERINGATAN BULAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) NASIONAL KE-50 TAHUN 2020

Kategori : Pemerintahan Senin, 10 Februari 2020 - Oleh admin

 

Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh Melaksanakan Apel Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional ke-50 Tahun 2020 dan Penyerahan Penghargaan Zero Accident, serta penyerahan penghargaan Penerapan Norma kerja perempuan di halaman Disnakermobduk Aceh, 10/02/2020.

Peringatan Hari K3 Nasional Tahun 2020 merupakan momentum yang sangat strategis dan bersejarah mengingat Undang-undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja telah mencapai usai 50 tahun. Pada usia setengah abad Undang-undang ini menghadapi tantangan-tantangan baru dalam dunia Ketenagakerjaan. Salah satu diantaranya adalah revolusi industry.

Dalam Menghadapi revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan adanya Inovasi, Otomatisasi, Super Komputer, Artificial, Inteligence dan Flexsibilitas Pola kerja yang telah membawa perubahan ekonomi berbasis digital, Kementrian Ketenagakerjaan mengambil tema "Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi" sebagai tema pokok bulan K3 Tahun 2020.

Dalam Agenda Peningkatan kualitas SDM, perlu pemahaman K3 yang komprehensif bagi SDM di Perusahaan, guna memastikan dalam melakukan secara aman. Pada akhirnya dapat menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, efisien dan produktif.

Kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi produktifitas dan kesejahteraan masyarakat. Kecelakaan kerja juga mempengaruhi indeks Pembangunan manusia dan indeks Pembangunan Ketenagakerjaan. untuk itu, Pemerintah mengajak seluruh pemangku kepentingan baik Pengusaha, serikat pekerja, pekerja dan masyarakat, untuk terus meningkatkan Pengawasan dan kesadaran pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

#K3 Unggul, Indonesia Maju#