Selamat Datang di Website Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Magang ke Jepang Tahun 2018 Peluncuran Perdana Sistem Informasi Terpadu Tenaga Kerja Dan Mobilitas Penduduk Provinsi Aceh ASEAN Skills Competetion ASC XII - SELEKDA ACEH TAHUN 2017 WAJIB LAPOR KETENAGAKERJAAN LOWONGAN POSISI PROYEK MEDCO ACEH PROYEK BLOK A 2017

Waktu Sekarang

Pegawai Disnakermobduk



Link Terkait

Pengunjung Website

Hari Ini: 1
Kemarin: 1
Bulan Ini: 17
Tahun Ini: 14270
Online: 1
an image

Untuk persiapan Asean Skills Competition (ASC) yang akan di selenggarakan di Bangkok Thailand tahun 2018, maka Direktorat Bina Stankomlatker Ditjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh bekerja sama dengan UPTP BLK Banda Aceh menggelar Seleksi Daerah (SELEKDA) untuk mencari calon terbaik untuk mewakili Provinsi Aceh dan berajang di kompetisi tingkat Nasional.

Read more...
an image

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1981 tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan di Perusahaan mewajibkan setiap pengusaha atau pengurus untuk melaporkan secara tertulis kepada menteri atau pejabat yang berwenang selambat-lambatnya dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari setelah mendirikan, menjalankan kembali atau memindahkan perusahaan.

Read more...
an image

* Untuk Bangun Fasilitas Olimpiade di Tokyo

BANDA ACEH - Jepang membutuhkan ribuan pekerja jasa konstruksi (anemar) dari Aceh. Kebutuhan terhadap tukang asal provinsi ini untuk pembangunan berbagai sarana dan prasarana penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020.

Read more...
an image

JAKARTA - Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah dan pemilik usaha bubuk kopi Ulee Kareng Banda Aceh, Asnawi memperoleh penghargaan dari Pemerintah Pusat di Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/11). Asnawi memperoleh penghargaan “Produktivitas Paramakarya” sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian dan dedikasinya selama 45 tahun bergerak di bidang usaha bubuk kopi hingga sukses.

Read more...
an image

* Karena 11 Perusahaan Zero Accident

BANDA ACEH - Menteri Ketenagakerjaan RI menganugerahkan kepada Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, penghargaan di bidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang dinamakan “K3 Award 2015”. Penghargaan serupa diterima oleh 15 gubernur lainnya dari 34 gubernur se-Indonesia.

Read more...
an image

* Hadapi MEA dengan Optimisme

KALAU ditanya, apa yang sudah dilakukan Pemerintahan Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf (Zikir) dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja di Aceh selama mereka memimpin, jawabnya adalah sudah banyak. Terutama yang dilakukan melalui leading sector ketenagakerjaan Aceh, yakni Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh yang sejak 29 September 2014 dipimpin Ir Helvizar Ibrahim MSi.

Read more...
an image

BANDA ACEH - Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh dengan menggandeng 34 perusahaan akan membuka Aceh Job Fair 2015 selama dua hari, tanggal 2-3 Juni mendatang di Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Jumlah lowongan kerja yang tersedia mencapai 500 lowongan dengan berbagai jenis pekerjaan.

Read more...
an image

BANDA ACEH- Pihak Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh berkerjasama Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Lamjabat menyeleksi para wanita muda lulusan SMA untuk menjadi penjahit professional di UPTD BLK setempat, Selasa hingga jum’at (7-10/4). Sebanyak 20 orang yang lulus seleksi nanti akan di latih keterampilan menjahit.

Read more...
an image

BEBERAPA target pembangunan tahun 2012-2017 yang telah ditetapkan oleh Pemerintahan Aceh di bawah kepemimpinan Gubernur Zaini Abdullah dan Wakil Gubernur Muzakir Manaf gagal direalisasikan. Bahkan Pemerintah Aceh berencana merevisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang disusun tiga tahun lalu. Apa saja target yang sulit dicapai dan apa penyebabnya, Serambi merangkumnya dalam tulisan eksklusif edisi ini.

Read more...
an image

PEREMPUAN muda itu tampak serius membolak-balik halaman surat kabar. Sesekali matanya awas menatap halaman berisikan iklan lowongan kerja. Beberapa iklan memang menawarkan kesempatan kerja bagi lulusan SMU namun tak sedikit pula untuk lulusan sarjana dan diploma.

Read more...
an image

PAKAR Ekonomi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Rustam Effendi SE M.Econ mengatakan, target-target yang dibuat haruslah untuk dicapai, bukan sekadar angka di atas kertas. Itu sebabnya harus realistis. Dia menilai, target-target yang dibuat selama ini tidak memperhatikan kapasitas daerah. “Kalau kita melihat RPJM, pihak perencana dalam hal ini Bappeda tidak menganalisis isu dengan tepat, hanya membuat perencanaan di atas meja,” kata Rustam kepada Serambi, pekan lalu.

Read more...
an image

BANDA ACEH – Dinas Tenga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh (Disnakermobduk)Aceh, Kembali membuka kesempatan bagi masyarakat Aceh yang berminat menjadi calon tenaga magang ke Jepang, kali ini peraturan lebih fokus pada sektor jasa konstruksi atau pekerja bangunan.

Read more...
an image

Kadis Disnaker Mobduk Aceh Ir. Helvizar Ibrahim, M.Si melauching Gerakan Mencintai Al-Qur’an “GEMA” dilingkungan Disnaker Mobduk Aceh, Jum’at (6/3) di Mushala Al-Muhajirin. Dalam arahannya Helvizar mengatakan tanggung jawab menegakkan syariat dan membumikan Al-Qur’an tugas bersama umat muslim, bukan hanya tugas Dinas Syariat Islam.

Read more...
an image

Banda Aceh - Pemerintah Aceh dan sejumlah perusahaan menggelar apel peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (K3) Tahun 2015 di halaman kantor PLN Aceh, Lampriet Banda Aceh, Kamis (11/2). Upacara ini sekaligus merupakan pernyataan sebagai awal dimulainya Bulan K3 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh tanah air.

Read more...

Banda Aceh - Tenaga keperawatan (paramedis) Aceh berkesempatan untuk bekerja di rumah sakit dan panti jompo di Jepang. Hal itu dikatakan Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Aceh, Mukhtar, S.Sos kepada Serambi, Rabu (30/4).

Read more...

BIREUEN - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) mengirimkan ratusan tenaga kerja untuk merehabilitasi dan merekontruksikan rumah korban gempa di Bener Meriah dan Aceh Tengah. Mereka terdiri dari buruh, tukang bangunan, dan instruktur instalasi listrik.

Read more...

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menegaskan kembali kepada perusahaan –perusahaan agar memberikan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) secara tepat waktu dan sesuai ketentuan Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. PER.04/MEN/1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja di Perusahaan.

Read more...

Terhitung 1 Januari 2014, PT. Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) resmi bertransformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaringan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Dengan demikian, kepesertaan Jamsostek tidak hanya meliputi pekerja formal, tetapi juga pekerja nonformal seperti tukang becak, petani, perajin dan lain sebagainya.

Read more...
an image

Pembangunan permukiman Transmigrasi bertujuan untuk mempercepat pemerataan pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan transmigran serta masyarakat sekitarnya. Kunjungan kerja Dirjen P2K-Trans ke Aceh selain mengadakan rapat regional persiapan pelaksanaan pembangunan kawasan transmigrasi 2013 pada tanggal 7 Februari (selasa), Beliau-Jamalluddin Malik juga bersilaturahmi dengan Gubernur Aceh terkait pelaksanaan pembangunan ketransmigrasian di Aceh. Menurut jadwal, Beliau juga akan beraudiensi dengan para Bupati/Walikota langsung ke Kabupaten/Kota yang menerima alokasi dana APBN yang telah dimulai sejak tahun 2010.

Read more...
an image

Badan Pembina Olahraga (Bapor) Korpri Aceh mengadakan pertemuan Silaturahmi perdana pengurus (Selasa, 5/2-13) yang bertempat di Op Room Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh. Kegiatan silaturahmi tersebut langsung dihadiri Sekretaris Korpri Aceh, Nurdin Yusuf Dewantara, MM dan Ketua terpilih Bapor Korpri Aceh Periode 2012-2017, H. Ridwan Hasan, SH, MM yang nantinya dikukuhkan oleh DPP Provinsi Aceh melalui SK pusat. Selain sebagai Ketua Bapor Korpri Aceh, Ridwan Hasan pada saat ini juga menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh.

Read more...
an image

Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara pengusaha dan perusahaan merupakan salah satu sarana pelaksanaan Hubungan Industrial dalam rangka menciptakan hubungan kerja yang harmonis, serasi, selaras dan seimbang serta mewujudkan ketenangan bekerja dan kelangsungan berusaha, meningkatkan perbaikan kesejahteraan bagi pekerja, adanya kepastian hukum terkait dengan hak dan kewajiban antara pengusaha dan pekerja.

Read more...
an image

Persatuan Dharma Wanita mengadakan kegiatan silaturahmi yang dihadiri langsung Kepala Dinas selaku pembina dharma wanita lingkup Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh di Aula “Balee Meusapat”. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pejabat esselon III dan IV serta seluruh isteri PNS yang dikoordinir oleh Ketua Dharma Wanita, Nya’ Ida Khairani.

Read more...
an image

Pembahasan Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) pada Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh sesuai rencana dibahas pada tingkat DPR Aceh pada Jum’at (11/01) di ruang Komisi F. Pembahasan ini dibuka oleh H. Zuriat Suparjo, SP dari fraksi Golkar sebagai pimpinan rapat dan Ketua Komisi F yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas beserta pejabat esselon III dan IV.

Read more...
an image

BIREUEN, 29/12/12. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, H. Ridwan Hasan, SH MM melakukan kunjungan kerja akhir tahun 2012 ke lokasi unit permukiman transmigrasi Buket Ceurana di Kabupaten Bireuen. Sebelum hari yang direncanakan pada sabtu (29/12), Beliau elah berangkat duluan pada jum’at (28/12) dan merencanakan bermalam bersama warga transmigran di lokasi.

Read more...
an image

Sesuai dengan alokasi dana yang tersedia pada tahun 2012, Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh telah mempersiapkan pembangunan unit rumah untuk Lokasi Paya Seumantok di Kabupaten Aceh Jaya peruntukkan 50 KK yang saat ini telah selesai. Penempatan warga tersebut untuk dapat menempati rumah, dilakukan dengan penyerahan kunci secara simbolis dan diresmikan oleh Kepala Dinas Ridwan Hasan, SH. MM (Selasa, 11/12).

Read more...
an image

Staf/PNS pada Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh (Rabu, 12/12) memperingati Hari Bakti Transmigrasi (HBT) Tahun 2012 secara kidmat dan penuh penghayatan dengan melaksanakan upacara di halaman kantor dinas. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk dan apresiasi bagi para pendahulu dan pemrakarsa program transmigrasi yang telah memberikan kontribusi dan sumbangan pikiran terhadap proses percepatan pembangunan terutama di Aceh.

Read more...
an image

Dalam upaya menyamakan langkah dan persepsi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan dengan mensosialisasikan kebijakan serta melakukan sinergisitas antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh mengadakan Rapat Koordinasi Perancangan Program dan Informasi Pembangunan Bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian Tahun 2013-2014 Se-Provinsi Aceh.

Pelaksanaan rapat koordinasi ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari yang dimulai pada hari Kamis (06/12) sampai hari Sabtu (08/12) bertempat di Ruang Rapat Hotel Sultan-Banda Aceh yang dibuka secara resmi pada Kamis malam oleh Kepala Dinas yaitu Bapak H. Ridwan Hasan SH,MM yang dihadiri oleh para undangan yaitu perwakilan kantor Jamsostek, Bappeda, Kepala BLK dan BP3TKI. Dalam sambutannya Beliau mengatakan terhadap pentingnya melakukan koordinasi terkait perencanaan pelaksanaan tugas di bidang ketenagakerjaan dan ketransmigrasian sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan nasional. Untuk suatu perencanaan yang baik maka dibutuhkanlah sinkronisasi di setiap jenjang dan setiap stakeholder sehingga perlu dilakukan koordinasi yang baik dan sistematis antar instansi dan unit kerja disamping partisipasi seluruh pelaku perencana kegiatan.

Read more...

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh, Ridwan Hasan memberikan kesempatan kepada pengusaha swasta, BUMN, BUMD, instansi pemerintah, koperasi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan jenis usaha lainnya yang merasa tidak mampu membayar upah minimum provinsi (UMP) seperti yang ditetapkan sebesar Rp 1,55 juta, agar segera mengajukan permohonan penangguhan upah. Penangguhan tersebut diajukan ke pemerintah, melalui Disnakermobduk Aceh dengan melampirkan hasil audit keuangan dari lembaga akuntan publik.

Read more...

BANDA ACEH - Dari 21.270 kepala keluarga (KK) transmigran yang mengungsi ke luar Aceh saat konflik berkecamuk beberapa tahun lalu, hingga kini masih 15.022 KK lagi yang belum kembali. Mereka masih bertahan di titik-titik pengungsian yang tersebar di sejumlah provinsi di Sumatera, terbanyak di Sumatera Utara.

Read more...
BANDA ACEH - Kasubdin Sumberdaya Manusia dan Perluasan Kesempatan Kerja Dismobnakerduk Aceh, Drs Mahdi mengatakan, angka pengangguran di Provinsi Aceh menurun sebanyak 9.000 orang pada Agustus 2009. Dengan rincian, sebanyak 174 ribu orang pada Fabruari 2009, turun menjadi 165 ribu orang. Menurut Mahdi, pada tahun 2009 juga terjadi penurun jumlah pengangguran sebanyak 6.000 orang, yaitu dari 171 ribu orang pada tahun 2008 menjadi 165 ribu orang pada Agustus 2009. “Kami, optimis situasi ketenagakerjaa Aceh, lebih baik masa mendatang,” katanya.
Read more...